Home / Iptek / Pemkab Majene Inisiasi Percepatan Pembentukan Politeknik

Pemkab Majene Inisiasi Percepatan Pembentukan Politeknik

Balitbang – Untuk mempercepat tebentuknya Politeknik Negeri di Kabupaten Majene, pemerintah setempat melakukan rapat koordinasi antara lembaga stakeholder tingkat Kabupaten Majene dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat di Ruang Kerja Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Barat, Selasa (25/6/2019).

Wakil Pemkab Majene – Prof. Dr. H Gufran Darma Dirawan, Gra.Dipl.EMD. M.EMD dalam paparannya mengatakan, dasar pemikiran sehingga Kabupaten Majene dijadikan tempat berdirinya Politeknik Negeri lantaran ketersediaan lahan yang dapat dijadikan tempat pengembangan pendidikan dan pendukung pendidikan.

“Pemerintah Kabupaten Majene telah menyiapkan lahan seluas 7 hektar dengan bukti pendukung surat keterangan dan tersedia bangunan milik Pemda Majene yang dapat dijadikan ruang akademik dan ruang kuliah secara sementara,” ujar Prof Gufran.

Menanggapi hal itu, Kepala Balitbangda Provinsi Sulbar – Dr H Jamil Barambangi mengatakan, pihaknya mengapresiasi dan mendukung penuh percepatan berdirinya Politeknik Negeri di Majene.

Ia berharap tim provinsi dan kabupaten segera melakukan kolaborasi dan bergabung dalam 1 tim Pokja.

“Kita juga mengusulkan ada Prodi yang tidak ada di Makassar, dengan tujuan Poltek Negeri di Sulbar akan jadi tujuan untuk Prodi tersebut. Misal, Prodi Perikanan,” kata Jamil Barambangi.

Jamil menyinggung soal dasar hukum yang akan digunakan nantinya berdasarkan Peraturan Gubernur dan akan jadi pertimbangan khusus untuk segera dibuat.

“Kemudian penamaan Politeknik dihasilkan melalui sebuah forum bersama sehingga nama politeknik dapat diterima oleh masyarakat Sulbar secara luas,” akunya.

Sementara itu Sekretaris Provinsi Sulbar – Idris DP menyebut, satu lagi point yang dibuat pihak Kabupaten Majene karena sangat aktif dalam mengurus berdirinya perguruan tinggi negeri di Majene.

“Alhamdulillah, setelah diupayakan dari tahun ke tahun sehingga referensi berdirinya Politeknik di Majene cukup kuat,” kata Idris.

Dia berharap prototype Politeknik Negeri yang akan dibangun di Majene nanti akan mengambil protype terbaik di Indonesia.

“Apa pun namanya dan dimanapun tempatnya, Politeknik di Majene sudah harus dimulai,” tegas Idris.

Hadir dalam acara itu, Sekretaris Provinsi Sulbar – Idris DP, Wakil Bupati Majene Lukman Nurman dan peserta rapat lainnya.

 

Mapos, Mamuju 

About balitbangmajene

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Forum Penelitian Pengembangan dan Inovasi Daerah (FGD)

Badan penelitian pengembangan (Balitbang) Kabupaten Majene menggelar forum penelitian, pengembangan dan inovasi ...